9 Maret 2020 10:50 am

Ga ada lagi alasan untuk melakukan tindik tembak (Piercing Guns)

Ga ada lagi alasan untuk melakukan tindik tembak (Piercing Guns)
Seorang penindik profesional dan terlatih akan membuat tindikan secara lembut menggunakan peralatan dan jarum steril sekali pakai, lalu menyisipkan perhiasan tubuh yang berkualitas. Sementara itu, alat tembak yang biasa digunakan untuk menindik cuping telinga, tulang rawan di telinga, atau bagian tubuh yang lain tidaklah memenuhi standar, maka lebih baik menghindari penggunaannya.

Awalnya, alat tembak seperti ini diciptakan untuk menandai ternak dan hewan-hewan lain, lalu diadaptasi untuk digunakan pada manusia. Alat ini menancapkan anting yang runcing melewati kulit secara paksa, sehingga menyebabkan lebih banyak trauma dan ketidaknyamanan pada jaringan tubuh dibandingkan pengunaan jarum yang super tajam seperti yang biasa digunakan oleh penindik profesional. Selain itu, anting yang ditancapkan pun tidak akan cocok untuk setiap orang serta tidak bisa mengakomodasi cuping telinga yang berisi atau jika terjadi pembengkakan.

Anting ini biasanya menggunakan gesper gaya kupu-kupu yang dapat menghambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi karena menekan jaringan kulit dan daging telinga, membatasi sirkulasi darah, dan menahan bakteri di dalamnya. Masalah lain pun kerap muncul, alat ini sering gagal menembus jaringan pada tembakan pertama, atau antingnya tidak bisa keluar, sehingga tersangkut selama proses piercing.

Dan besar kemungkinan terjadinya penularan penyakit karena pamakaian alat tembak yang digunakan berkali-kali pada klien yang berbeda. Memang, kadang-kadang alat tembak tersebut “di-sanitasi” setiap kali penggunaan dengan menggunakan alkohol atau disinfektan lain, tetapi ini pun tidak cukup untuk membunuh seluruh mikroba. Sebagian besar ear-piercing gun mengandung plastik yang dapat meleleh, sehingga tidak dapat diproses dalam autoclave (mesin sterilisasi dengan menggunakan panas dan tekanan)


Ditulis oleh: Niyo, @Piercingindonesia
Jurnal Lainnya
Social Media
Metode Pengiriman
Kontak Kami
piercingindonesia@gmail.com
Carburator Springs Cafe. Jalan Veteran No.13 Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (021) 73668934
0882-2927-6773