7 Juni 2020 10:17 am

Apa Itu "ROOK PIERCING" ?

Apa Itu "ROOK PIERCING" ?
Rook Piercing pertama kali diperkenalkan dalam majalah Body Play and Modern Primitives Quarterly edisi ke-4 yang diterbitkan oleh Fakir Musafar pada tahun 1992.

Prosedur ini dilakukan mirip dengan penindikan tulang rawan telinga lainnya. Dibutuhkan alat bantu klem atau tube untuk mempermudah piercer dalam melakukan penindikan. Umumnya, penindik akan memberi tahu klien posisi titik terbaik untuk penindikan ini, meskipun agak sulit untuk klien melihat dengan tepat dimana letak persis lubang masuk dan keluar. Untuk pemilihan jarum, Gua pribadi lebih sering menggunakan jarum abbocath berukuran 18G dengan barbel melengkung pendek sebagai perhiasan awal. Lihat videonya disini

Rook Piercing juga membutuhkan perawatan seperti halnya tindik tulang rawan telinga lainnya.
Gua merekomendasikan "Piercing Solution" dua kali sehari untuk satu atau dua bulan pertama setelah penindikan. Produk ini akan melunakkan getah bening yang kering, membunuh kuman dan bakteri, dan membersihkan luka tindik juga perhiasan, sehingga akan membantu proses penyembuhan dan mengurangi kemungkinan infeksi.
Hindari membersihkan area tindikan terlalu sering atau menggunakan sabun mandi karena hal ini dapat menyebabkan area kering dan iritasi. Alkohol juga tidak boleh digunakan untuk alasan yang sama. Berhati-hatilah saat mengangkat telepon karena handphone dapat menyebarkan kuman ke luka tindik dan tekanan yang diterima saat mengangkat telpon dapat menunda penyembuhan.

Rook Piercing membutuhkan waktu 6 hingga 12 bulan untuk benar-benar sembuh. Rasa Nyeri cenderung bertahan selama satu bulan pertama dengan yang terburuk terjadi pada minggu pertama atau kedua. Sebagian besar tulang rawan di telinga menerima relatif sedikit aliran darah yang menyebabkan waktu penyembuhan dan rasa sakit yang lebih lama. Jangan mengganti atau melepas perhiasannya, sampai setidaknya delapan minggu setelah penindikan.

Tidak semua orang memiliki anatomi telinga yang cocok untuk mendapatkan penindikan seperti ini. Penindik yang berpengalaman akan dapat menilai secara akurat apakah telinga klien cocok untuk penindikan rook dan kemungkinan akan menolak untuk melakukan penindikan ini pada seseorang dengan bentuk telinga yang tidak sesuai.

Ditulis oleh: Niyo, @piercingindonesia

Jurnal Lainnya
Social Media
Metode Pengiriman
Kontak Kami
piercingindonesia@gmail.com
Carburator Springs Cafe. Jalan Veteran No.13 Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (021) 73668934
0882-2927-6773